MY FIRST STORY – Album Antithese

Kali ini aku akan cerita lagi tentang band jepang MY FIRST STORY, terutama tentang album terakhir yang di release yaitu Antithese, aku disini tidak menyediakan link download, hanya sekedar ngasih rekomendasi lagu. Album ini sebenarnya sudah direlease tahun kemarin 29 Juni 2016. Bukannya aku telat ngasih review hanya saja aku butuh waktu untuk medapatkan chemistry dengan lagu – lagunya di album ini. Seperti album sebelum – sebelumnya kali ini juga banyak lagu yang aku suka.

Tapi sebelumnya aku mau ngasih mukadimah dulu. Salah satu post yang paling banyak viewer-nya di blogku ini adalah tentang My First Story, aku sendiri awalnya tidak tahu kalau MFS ternyata cukup populer di Indonesia. Aku suka band yang anti mainstream, tapi tetap lagunya harus aku suka bukan cuma sekedar beda aja. Kadang kalau lagunya terlalu terkenal malah aku cepet bosen dan rasanya gak terlalu spesial. Nah MFS ini salah satu band yang aku suka dan anti mainstream, secara dia band jepang dan aliran genre rock/alternative yah jelas disini jarang yang tahu. Mungkin kalian juga merasakan hal yang sama, regardless Hiro pronunciation-nya untuk lirik lagu bahasa inggris masih kurang.

Album Antithese di release dengan 14 lagu, berikut ini tracklistnya, oh iya aku kasih link ke website lirik terjemahan lagu jepang yang menurutku cukup populer furahasekai kali aja mau karaoke atau menyimak arti lagunya yang bahasa jepang, walaupun separo bahasa inggris dan aku yakin kalian bisa terjemahin sendiri. Kalau gak mau repot bisa pakai aplikasi MusixMatch di smartphone kalian. Menurutku Musixmatch merupakan aplikasi musik dengan database lirik dan terjemahan terbesar terutama untuk lagu asia.

Antithese Cover
Artis: My First Story
Tanggal Rilis: 29 Juni 2016
Label: Intact Records

  1. Weapons
  2. Nothing In The Story
  3. ALONE
  4. Itazura Fiction (悪戯フィクション)
  5. One Light
  6. Smash Out!!
  7. Boom
  8. Last Call
  9. Kimi no uta (君の唄)
  10. Missing You
  11. The Puzzle
  12. Tomorrowland
  13. Home
  14. Fukagyaku Replace (不可逆リプレイス)

Oke, sekarang rekomendasi dari aku yang menurutku lagu yang harus kalian dengar. Mungkin awal – awal kalian gak akan suka tapi coba dengerin sampe 5x mungkin tetep gak akan suka, hehe. Aku tidak maksa, kadang orang berpikir kalau sebuah lagu pertama kali denger langsung suka yah itu memang cocok dengan selera tapi banyak dari lagu jepang yang coba aku dengerin beberapa kali baru kena dan akhirnya jadi lagu favorit. Aku bahas semua dengan opiniku, nilai sendiri mana yang lebih menarik.

Nothing In The Story ini cocok banget jadi lagu pembuka album ini, (Weapons hanya intro). Menurutku lagu ini bercerita tentang move on (get over it), yah move on itu bukan hanya tentang relationship tapi tentang perubahan. Lupakan kegagalan, bangkit dari keputusasaan, We will keep on trying on again and again, tulis cerita baru karena life must go on. Kalian tahu sendiri orang jepang tergila – gila dengan filosofi hidup, ketika mereka ngomong kayak baca puisi. Musiknya cocok banget buat nambah semangat di pagi hari.

ALONE lagu ini merupakan single sebelumnya, direlease ditahun yang sama 2015, hmm sebenarnya aku gak terlalu suka lagu ini. Lagu ini bagus sih, tapi setelah album Antithese release, lagu ini jadi agak biasa, yah mungkin aku aja yang bosen karena udah tak dengerin berkali – kali.

Itazura Fiction ketika kalian denger lagu ini, yang terngiang pasti bait Carve out both of your eyes and put them in place of my eyes I wanna see the world you’re seeing. Hmm lagu ini mungkin juga gak terlalu greget. Cerita lagu ini agak abstrak, judulnya sendiri punya arti Fiksi Jahat (menurut terjemahan furahasekai), seseorang yang terjebak dalam bayang – bayang seorang wanita dan ingin terbebas dari ikatan itu. Mungkin ini seperti orang yang lagi jatuh cinta tapi dia sendiri tidak tahu apa itu cinta dan tidak tahu perasaan aneh yang ada didalam dirinya, kalau di dalam bahasa indonesia mungkin “cinta ini membunuhku” dalam ungkapan tersirat.

One Light ini merupakan salah satu lagu slow di album ini, slow versi MFS ya tahu sendiri lah ya. Hmm menurutku lumayan juga, aku mengartikan lagu ini tentang emptiness, hollow, ketika kita stuck dan merasa dunia ini sebuah failure, life is a mess, tapi kita memiliki mimpi, berusaha dan tetap berjuang merubah dunia ini. Seperti ketika kita gagal untuk menggapai sesuatu yang kita inginkan, berhenti sejenak dan mengumpulkan semangat untuk mencoba lagi, one light mungkin bisa diartikan sebuah harapan.

Smash Out!! lagu ini hampir semuanya bahasa inggris, bahasa jepangnya hanya satu kalimat. Lagu ini bercerita seperti sebuah pertarungan, luapan emosi kemarahan kepada orang lain, seakan lagi menunjukkan kita ini bad ass yang bisa ngapain aja. Lagu ini terdapat beberapa kata kasar seperti mother fucker dan shit. Aku sendiri cukup suka dengan lagu ini, mungkin karena musiknya yang semangat.

Boom lagu ini seperti Smash Out!! liriknya berisi monolog, mempertanyakan apa yang terjadi, aku merasa idenya seperti bercerita kebobrokan zaman. Pemerintahan yang korup dan manusia yang kehilangan moral dan sifat kemanusiaannya. Seperti menyindir diri kita terhadap apa yang benar dan salah bercampur aduk boom!. Hmm lagu ini standard aja sih menurutku.

Last Call lagu ini sudah di release MV nya beberapa bulan lalu, liat aja di youtube. Lumayan keren pembawaan mereka, yah penampilan normal – normal aja menurutku udah cukup.  Bercerita tentang kekecewaan dan penyesalan, Just take it away... Aku mengartikan secara general, mungkin kita pernah salah mengambil keputusan, pernah salah menjalin hubungan tapi rasa itu datang ketika semua telah berlalu, tidak ada yang bisa kita ubah kecuali membenci dan meyakinkan diri kita untuk tidak terjadi lagi, ini yang terakhir. Aku suka lagu ini, musiknya juga semangat untuk diputer pagi hari.

Kimi no uta lagu ini mungkin yang paling dicari orang – orang yang menulis keyword di google “Lagu my first story yang slow”, ea mungkin mirip dengan lagu love letter di album sebelumnya, bercerita tentang cinta. Ketika kita jatuh cinta dengan seseorang kita mendedikasikan semuanya untuk dia, I promise you, Kono sekai de kimi hitori o aishi tsudzukeru kara (Aku berjanji padamu, Karena kaulah seorang yang akan terus kucintai di dunia ini). Gak perlu banyak dijelaskan coba dengerin sendiri. Sepertinya ini akan jadi ciri khas album MFS, mereka akan menyisipkan lagu – lagu seperti ini untuk mencover pendengarnya yang tidak suka lagu keras, menurutku ini strategi yang bagus. Kata temen kuliahku yang anak band dulu, band rock, metal atau apapun yang genre utamanya musik berisik pasti punya lagu tema cinta yang keren. Well, I totally agree with that.

Missing You lagu ini mungkin lagu andalan album ini, lagu pertama kali yang direlease MVnya dengan model cewek yang salah satunya mirip Rina – Scandal. Seperti judulnya merindukanmu, tapi mungkin maksudnya merindukan jati dirinya yang dulu, kalau di MVnya ada cewek – cewek yang cedera dan berhenti bermain basket, ada yang tidak punya tujuan dan menjadi orang lain hingga akhirnya mereka memutuskan untuk kembali apa adanya, menerima keadaan, bangkit dari putus asa dan memulai hari yang baru. Aku mengartikan banyak versi, mungkin kalian gak setuju karena di penggalan lirik yang awal bercerita tentang seseorang yang mengharapkan orang lain, ketika yang tertinggal hanya kenangan dan itu merupakan sesuatu yang berharga antara dua orang. Balik lagi ke filosofi hidup, berjuang walaupun jatuh, jangan menyerah apapun yang terjadi.

The Puzzle lagu ini seperti kebanyakan lagu MFS lainnya, monolog, isinya seperti bercerita kepada diri sendiri. Berisi tentang pencarian jati diri, seperti terjebak dalam ilusi, dunia khayal, mempertanyakan siapa sebenarnya aku ini. Well, aku cukup suka lagu ini.

Tomorrowland bercerita tentang dunia antara 2 orang, dunia dalam artian dunia apa yang kita rasakan hanya saja dia tidak mengerti tentang dunia yang lain, berbeda dengan dunia yang dimiliki. Aku mengartikan lagu ini seperti ketika kita melihat dunia orang lain, dan dunia mereka bergesekan dengan dunia kita sehingga ada hal yang kadang tidak kita mengerti atau justru dunia mereka malah memberikan sesuatu yang baru dan akhirnya kita ikut terlibat di dalam dunia orang lain itu. Lagu ini lumayan juga menurutku.

Home ini lagu yang aku suka juga, aku ngerasa lagu ini memiliki tema mirip nobody’s home dari band kakaknya ONE OK ROCK. Seperti antara menceritakan tentang broken home atau homesick. Yah mungkin mereka (Hiro dan Taka) ingin meluapkan kekecewaan terhadap masalah keluarganya dalam sebuah lagu. Banyak yang  bilang penghayatan Hiro di lagu ini lebih bagus daripada Taka di OOR, tapi menurutku mereka sama – sama bagus, secara aku suka lagu ini dan Nobody’s Home juga.

Fukagyaku Replace lagu ini sudah di release sebagai single ditahun 2014 sebelum Alone, menurutku lagu ini gak terlalu spesial. Bercerita tentang pengakuan diri, lagi – lagi dalam bentuk monolog. Ketika kita kehilangan arah dan tujuan, menyakinkan diri bahwa kita bisa, tapi pencarian jati diri ini dipengaruhi oleh seseorang (mungkin cewek) dan menjadikannya sebagai acuan dalam hidupnya.

Oke itu tadi review singkat setiap lagu, secara umum lagu yang tak suka di album ini antara lain Home, Missing You, Nothing in the Story, Last Call, Smash Out, The Puzzle, Tomorrowland. Yah kalian mungkin gak terlalu setuju dengan aku, it’s okay. Well, this is it, MY FIRST STORY Antithese album review, bye.

Iklan

2 pemikiran pada “MY FIRST STORY – Album Antithese

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s