ONE OK ROCK – Album Ambitions (Japanese version)

Tanggal 13 Januari 2017 kemarin ONE OK ROCK merilis album ke 8 mereka yang berjudul Ambitions. Album ini merupakan album international seperti album 35XXXV dan dirilis menjadi 2 versi yaitu English version dibawah label Fueled by Ramen dan Japanese version dibawah label A-Sketch. Album ini berisi beberapa lagu single yang sudah dirilis di akhir 2016 kemarin. Perbedaan antara versi English dan Japanese adalah tracklist albumnya sendiri, beberapa lagu yang disesuaikan menggunakan bahasa inggris. Kemudian lagu yang berjudul “20/20” dan “Always Coming Back” hanya tersedia di versi jepang sedangkan “Jaded” yang dinyanyikan bersama Alex Gaskarth dari All Time Low kemudian “Hard to Love” serta “American Girls” hanya tersedia di album versi English.

oneokrockambitions

Album kali ini mereka menggandeng salah satu penyanyi asal Kanada yang juga favoritku Avril Lavigne. Avril juga pernah konser di Jepang, aku tidak tahu bagaimana mereka bisa berkolaborasi, apa OOR yang menawari Avril, atau memang Avril juga punya ketertarikan terhadap OOR lebih dari urusan bisnis, atau Avril suka lagu jepang khususnya lagunya OOR, dunno. Berikut ini tracklist dari album ambitions yang telah dirilis:

Ambitions cover album

Ambitions (Japanese version)
No. Title Length
1. “Ambitions” (Introduction) 1:23
2. “Bombs Away” 4:23
3. “Taking Off” 3:39
4. “We Are” 4:15
5. “20/20” 3:19
6. “Always Coming Back” 3:33
7. “Bedroom Warfare” 3:23
8. “Lost in Tonight” 2:52
9. “I Was King” 3:58
10. “Listen” (featuring Avril Lavigne) 3:39
11. “One Way Ticket” 3:37
12. “Bon Voyage” 4:06
13. “Start Again” 3:14
14. “Take What You Want” (featuring 5 Seconds of Summer) 4:04
Total length: 49:30
Ambitions (English version)
No. Title Length
1. “Ambitions” (Introduction) 1:23
2. “Bombs Away” 4:24
3. “Taking Off” 3:38
4. “We Are” 4:15
5. “Jaded” (featuring Alex Gaskarth of All Time Low) 3:36
6. “Hard to Love” 3:16
7. “Bedroom Warfare” 3:22
8. “American Girls” 2:48
9. “I Was King” 3:58
10. “Listen” 3:39
11. “One Way Ticket” 3:36
12. “Bon Voyage” 4:05
13. “Start Again” 3:14
14. “Take What You Want” (featuring 5 Seconds of Summer) 4:03
Total length: 49:17

ONE OK ROCK menurutku sudah banyak berubah musiknya dari yang dulu. Aku tahu OOR sudah go International, musiknya mulai diterima di seluruh dunia, tentu saja mereka harus bisa beradaptasi agar bisa disukai dari berbagai negara, sebenarnya album awal – awal kental banget aliran Jrock nya, kemudian sejak album Zankyo Reference aku ngerasa this is the real OOR. Diluar sana mungkin banyak yang kecewa dengan OOR saat ini karena mereka kehilangan jepangnya, tapi aku berpikir agar mereka bisa diterima di Amerika tentu saja lagu mereka juga harus di sesuaikan, mungkin ini yang menjadikan mereka merilis 2 versi album.

Sejak album Zankyo Reference menurutku music OOR sudal level Intenasional. Dengerin album ini seperti dengerin band Amerika. Kali ini aku memilih untuk mereview lagu dari tracklist album versi Jepang, here we go.

Bombs Away, lagu ini bercerita tentang perpisahan, sebuah penegasan bahwa semua telah berakhir, tidak ada yang bisa kembali. Aku masih beberapa kali mendengar lagu ini, sepertinya tidak terlalu menarik buatku entah kenapa.

Taking Off, MV lagu ini menggunakan model yang sama untuk MV single Last Dance, hmm kesannya bosen juga sih. Lagu ini lumayan, mungkin karena udah sering denger juga. Bercerita tentang sebuah hubungan yang melalui banyak rintangan, apapun yang terjadi tetap bertahan dan tidak mau melepaskan.

We Are, lagu ini bercerita tentang pengakuan diri, mungkin seperti puisi Chairil Anwar yang berjudul “Aku”, sorry OOT. Walaupun orang – orang meremehkan kita, dibenci, yakin eksistensi kita berpengaruh, tidak takut dan pantang menyerah.

20/20, lagu ini bercerita tentang kebohongan seseorang yang terungkap, kita tahu dan kecewa. Melihat jati diri seseorang yang sebelumnya kita percaya, kepura – puraan yang telah terbongkar. Aku sendiri gak ngerti maksud 20/20-nya, lagu ini awalnya aku tidak terlalu suka, tapi sekarang ini jadi lagu favorit di album ini juga.

Always coming back, lagu ini sudah dirilis sebagai single di tahun 2016 kemarin. Bercerita tentang seseorang yang mendedikasikan dirinya untuk pasangannya walaupun mungkin tidak bisa bersama, tapi seperti judulnya always coming back apapun yang terjadi, walaupun dulu hubungan mereka sering tidak akur, dan suatu saat mungkin akan berpisah tapi dia akan menerima dan kembali lagi. Lagu ini mungkin bukan kayak OOR ya, tapi banyak yang suka, musiknya agak slow, aku sendiri ngerasa biasa aja dengerin lagu ini ya walaupun liriknya kata orang – orang nyesek.

Bedroom Warfare, lagu ini mengingatkan lagu take me to the top di album sebelumnya, walaupun gak ada hubungannya sih. Lagu ini sebenarnya aku bingung nangkap maksud liriknya. Antara musuh sesungguhnya, musuh diri sendiri atau teman tidur 😀 nih. arti judulnya sendiri perang ranjang atau ini idiom ya yang punya arti lain. Whatever, ini juga tidak terlalu suka. Kayaknya dari tadi banyak yang gak aku suka ya, hehe.

Lost in Tonight, kalau lagu “we are” tentang pengakuan diri, lagu ini mungkin kelanjutannya yaitu bercerita tentang kebebasan tanpa batas. Kita badass yang bisa melakukan apa saja, berpesta, keluyuran tengah malem, btw ada lagu MFS yang memiliki topik sama. Lagu ini aku cukup suka, yes.

I was King, akhirnya aku nemu lagu yang paling aku suka di album ini, ya I was King bercerita tentang kekuasaan, banyak hal yang kita miliki dulu, tak terhentikan, memiliki segalanya, berjuang turun tangan langsung untuk mendapatkan sesuatu. Disini “I was” aku pikir artinya ketika dulu menjadi seorang raja, ya karena tidak ada keterangan lainnya sih. Aku pikir ini lagu terbaik di album Ambitions.

Listen (featuring Avril Lavigne), nah ini dia lagu featuring Avril Lavigne. Lagu ini bercerita tentang dukungan seorang teman untuk selalu mendengarkan isi hatinya. Lumayan sih tapi kalau dibandingkan dengan C.h.a.o.s.m.y.t.h masih kalah jauh kayaknya.

One Way Ticket, lagu ini cukup plain dan mudah dipahami maksudnya, bercerita tentang kehilangan seseorang. Hidup mulai terasa sepi, ada sesuatu yang kurang, berharap bisa menyusul dia kemanapun dia pergi tanpa berharap harus kembali. Lumayan juga lagu ini, calm but still cozy.

Bon Voyage, bercerita tentang perpisahan, momen kebersamaan yang telah berakhir dan saatnya pergi ke tempat yang jauh dan mungkin tak akan kembali. Musiknya sih lumayan, yah coba dengerin sendiri.

Start Again, lagu ini bercerita tentang menjadi diri sendiri, menerima keadaan dan membiarkan orang untuk pergi bila diri kita tidak cukup buat mereka. Lagu ini cukup enak juga menurutku.

Take what you want (featuring 5 Seconds of Summer), lagu ini tentang akhir sebuah hubungan, mungkin dengan cara yang tidak terlalu baik, seseorang yang awalnya bagian dari hidup kita akhirnya keluar dari hidup kita. Tapi perpisahan ini mungkin jalan terbaik, kita sudah tidak peduli, jika kau pergi, silahkan pergi! lagu ini juga lumayan menurutku.

Oke this is it, aku masih belum tebiasa dengerin lagu – lagu di album ini, hanya saja yang udah sreg menurutku “I was King”, I think it’s the song I recommend to you to listen on this album either japanese or english.

Gresik, afternoon in January 2017
© anggadarkprince.wordpress.com

References:

Wikipedia ONE OK ROCK – Ambitions Album

New ONE OK ROCK Songs 2017 List
Album Cover

Cover Image:

ONE OK ROCK

Iklan

9 pemikiran pada “ONE OK ROCK – Album Ambitions (Japanese version)

  1. 20/20 itu nomor utk tes mata. Btw menurut ku i was king malah terlalu mainstream dari style music.
    Btw hard to love yang ada di internasional itu mantap dan utk lagu one way ticket seperti yg diharapkan dari mike shinoda

    Suka

    1. 20/20 hmm bru tahu, thanks infonya, ya pilihan masalah selera, i was king menurutku emang kerasa seperti nothing helps, terasa OOR aslinya makannya aku suka, hard to love bru denger beberapa kali belum dapet feel nya..

      Suka

  2. jujur si lebih suka OOR yg lama, saat mreka masih unyu2 dan liricnya msh jepang bgt. feel liriknya lebih berasa nusuknya…
    yg sekarang2 sejak b.Inggrisnya lebih mndominasi liriknya jg jd kurang berasa, kayaknya lebih ditonjolin ke musiknya drpd liriknya. IMO doang si ini. kan kalo urusan musik kayak yg udah dibilang diatas tadi balik lg ke selera masing2:)v

    Suka

    1. Ya banyak yang bilang gitu emang…OOR bnyak berubah, ya seperti yg aku tulis diatas perubahannya OOR menurutku karena mereka ingin jadi band internasional, band nya bukan lagunya,,, menurutku OOR itu adaptasi band modern jepang yang menggeser Visual Kei, berbeda caranya kayak band Laruku atau Bz’,,, mereka go internasional karena lagu jepangnya dan originalitas jrock nya..

      Suka

  3. 1st One way ticket -keren banget nih,,, 2nd bedroom warfare-kalo dengerinnya malah kayak 1/2 edm + 1/2 band tetep keren juga…tapi gak bisa dibohongin kalo memang mereka band asia yang bahasa inggris bukan bahasa sehari 2 mereka.album ambition dari segi lirik bahasa inggris jauh lebih baik pelafalan maupun maksud yang ingin disampaikan dari album mereka sebelumnya.
    Tapi dari segi musik album ini menurutku gak bisa dibanding2in sama album2 oor sebelumnya karena beda banget jenisnya, album ini sudah bisa dibilang fix “*bukan band jepang”

    Suka

  4. kalo aku
    1 . Always Coming Back -karna kaya’ lagu slow one ok rock yang lain kaya’ Wherever you are, pierce, all mine, heartache, etc tapi lebih akustik
    2. Taking off – karna nuansanya lebih alternative rock, daripada pop rock
    3. We Are – karna suka aksen englishnya taka doang :p
    4. Listen – Suka intronya :p

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s