Beli produk china, emang kenapa?

Tadi mbak ku WA tanya apa aku punya hp android yang lain selain tak pakai, karena HPnya dia konslet rusak. Dia mau beli tapi cari yang murah, yah aku juga gitu se, nah aku saranin beli HP China, lagian mbakku paling HP cuma buat chat, sms, telephone, ya mungkin game tapi game kecil gitu se. Terus balesannya katanya dia ragu dan dari kata – katanya kayaknya dia nggak suka HP China apalagi lokal. HPku sendiri merknya Himax Polimer X QuadCore waktu beli sekitar 2.2 Juta, ndak murah juga ya, harga segitu bisa dapet HP Samsung atau Sony Xperia, tapi waktu aku beli harga segitu cukup murah dengan spesifikasi yang ditawarkan, lagipula kalian mungkin nggak tahu Himax, bahkan rasanya gak lebih terkenal dari Axio atau Evercross, hmm ya emang tokonya terbatas, dulu malah harus beli online, ndak ada toko resminya, mirip pas Xiaomi masuk Indonesia. Tapi sekarang udah mulai terkenal dan ada tokonya, oke cukup masalah HP, sebenernya aku juga punya tablet merknya Chuwi, I know, chinese product huh,, iya beli harga 2 juta Windows 10 tablet, bukan Android. Nah sekarang masalahnya dimana? aku akan cerita kenapa aku milih produk tadi. Tapi sebelumnya aku mau cerita tentang laptop.

Laptopku yang pertama Asus, ini sebenernya merk Taiwan, China juga kan?, sebagian orang bilang ndak,, okelah tapi ini terkenal kan? iya, dulu pas aku punya asus pertama kali dikampus yang lain ndak tau merk ini, sebenernya aku tahu kalo mereka adalah produsen hardware kayak Motherboard dan VGA (chipset NVidia) jadi pas beli itu udah yakin kalo itu bagus, dulu ada temenku yang bilang “apa merk Asus, kalo dibaca dari belakang jadi kata ‘susah'”, what? ah yaweslah biar, aku suka dan enak dipake kok, setahun berlalu dan anak – anak kampus yang punya laptop Asus jadi banyak banget padahal dulu aku satu – satunya, yaelah sebelum mereka keren aku udah keren duluan kale… Terus ganti laptop merk Dell, ini juga produsen hardware nama besar udah lama jadi aku percaya juga pilih brand itu, dan asal kalian tahu dalam milih laptop juga sebenernya merk atau brand ndak pengaruh banyak kecuali support dan service mereka.

Pada dasarnya komponen di dalamnya dibentuk dari produsen hardware yang itu – itu aja, prosesor kalo ga Intel ya AMD, VGA kalo gak embeded, Nvidia atau ATI (AMD), soundcard kalo gak Realtek ya ikut bawaan chipset mainboard atau VGA, LED/LCD paling ya samsung, Hardisk kalo gak seagate ya WD atau samsung, memory juga itu – itu aja, lainnya custom dari brand masing – masing. kalo Asus pake proc. Intel core i7 type A (misal) dan Accer pake proc. Intel core i7 type A juga, ya pasti sama kualitasnya, bukan berarti Intel ngasih i7 type A lebih jelek ke brand yang gak terkenal. Asal kalian tahu hampir 70% laptop diseluruh dunia di rakit oleh pihak ke tiga dan perusahaan itu berada di China yaitu 2 perusahaan besar Quanta dan Compal kalian bisa cari tahu di websitenya. Jadi Macbook kalian dan Asus kalian itu mungkin di rakit di tempat yang sama. Dan macbook yang masuk ke pasar indonesia juga rakitan sana, bukan rakitan Amerika tapi tetep dengan Standard dari brand aslinya Amerika, jadi gak usah khawatir. Lagipula ndak semua barang elektronik yang tak punya buatan China contohnya laptopku tadi. Oke itu tadi gambaran awalnya, jadi kenapa aku beli HP Himax dan tablet Chuwi yang notabennya itu brand China.

Pertama harganya rasional, kalian tahu kan kenapa produk China murah, banyak faktor, emang mereka menekan biaya produksi dengan mengurangi kualitas produknya, ndak semua hal, seperti yang tak bilang tadi masalah laptop, kayak Intel i7 type A di Macbook sama dengan Intel i7 type A di Asus, terus apa yang beda? bisa dari LCD, chassis, battery, touch sensor, kamera, hal – hal yang bisa dikurangi tanpa perlu mengurangi performa HP itu. tapi kan itu kayak perangkat satu kesatuan? iya benar, makannya kadang ada produk yang rusak karena kinerjanya ndak seimbang, bisa dan memang beberapa produk China ada yang beneran gak berkualitas, tapi gak perlu jadi stereotype kan, gak semua produk China itu jelek, makannya pinter – pinter milih. Banyak alasan yang lain juga, mungkin aku salah, maaf kalo salah, kalian bisa cari sendiri di internet tentang bagaimana produksi barang di China.

Kedua manfaatnya, ketika aku beli tablet sebenernya aku pengen iPad, tapi tahu sendiri harganya waktu 2016 mulai dari 7-10 juta (bukan yang mini) itu juga yang wifi only. Nah aku mikir, beli tablet ini untuk apa sih sebenernya, ternyata aku cuma butuh buat baca berita, ebook, test website responsive kalo lagi development dan main game kadang – kadang. See, ndak terlalu penting kan, rasanya kurang bijak kalo membelanjakan uang 7-10 juta sedangkan kebutuhanku bisa di handle device yang harganya cuma 2 juta. Lho tapi kan iPad operating systemnya iOS?, iya aku tahu itu memang yang bikin mahal, OS nya ekslusif, aku juga pengen tapi fitur iOS ndak diperlukan di daftar kebutuhanku kan jadi aku juga gak perlu harus punya device yang ada operating system iOS. Nah dari sini menurutku keputusan yang bijak adalah milih produk secukupnya, lagipula aku punya budget terbatas saat itu, kalo aku punya uang berlebih (lebihnya banyak, bukan cuma cukup) aku akan beli yang terbaik.

Nah dari 2 alasan itu aja aku udah cukup yakin kalo ditanya kenapa kok beli hp China, yawes tinggal tak sebutin 2 alasan itu aja cukup, aku ndak terlalu peduli kata orang. Selama barangku baik – baik aja dan bermanfaat buat aku, it’s ok…

Btw aku akan beli iPhone dan Macbook, kalo iPad ndak tau, itu juga karena alasan no 2 kebutuhan, aku mau belajar develop aplikasi mobile untuk iOS, karena di indonesia developer iOs masih sedikit, yang banyak adalah developer Android.

Working Conditions at FOXCONN, APPLE , HP – EliteNWOAgenda

During the civilisation and development process of more than 5,000 years, the Chinese nation has made an indelible contribution to the civilisation and advancement of mankind – Xi Jinping

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s