Manusia Berfilsafat

Manusia berada di antara dua masalah sosial dan budaya. Secara ontologi manusia berfikir ilmu. Apa ilmu itu? . Dan tak lepas dari filsafat dan dapat dikatakan berfilsafat secara sadar atau tak sadar. Dan filsafat tak pernah menyelesaikan masalah dan mengarahkan ke dimensi yang meluas. Dan akhirnya tak menemukan akhir dari permasalahan tersebut. Bahkan seorang filosof tak dapat menyelesaikan masalah.

Ciri-ciri orang berfilsafat

Tak pernah puas atas jawaban walaupun dari literatur tertentu. Jika manusia sudah puas atas suatu jawabannya maka, itu merupakan suatu kemunduran dari manusia tersebut.

  • Knowledge without religion is lame
  • Religion without knowledge is blind

Manusia berfilsafat. Filsafat membuat manusia tidak pernah puas. Manusia berfilsafat secara sadar dan tidak sadar. Jika orang telah merasa puas maka dia telah mengawali kemunduran.

Ontologi             =          ilmu itu apa?

Epistimologi    =          Bagaiman amencari ilmu?

Absiologi          =          untuk apa ilmu itu?

Manusia adalah  salah satu jenis makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna karena memiliki insting kemampuan berpikir, akal dan budi ( mengerti moral) dan berbagai ketrampilan yang dimilikinya baik temuannya sendiri atau karya  perpaduan pendapat orang lain atau mendapat wangsit.

Manusia budaya selalu berjuang mempertahankan eksistensi dan pertumbuhan serta bagaimana cara agar kelangsungan hidupnya tidak punah dalam kaitan tersebut maka manusia selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik bersifat materi maupun bersifat kejiwaan yang jelas tiap manusia menginginkan keturunannya harus lebih baik dari dia (pengetahuan, ekonomi, pengaturan kessehatan dan pemanfaatan perkembangan teknologi). Untuk memenuhi kebutuhan tersebutmanusia telah mempunyai suatu konsep (menyadari bahwa dalam memenuhi kebutuhan seperti diatas tersebut atau tidak kalah pentingnya yaitu rasa keamanan maka mereka membentuk kelompok.

2 pemikiran pada “Manusia Berfilsafat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s