Payung warna – warni

Menyeruak angin berhembus, ditengah terik aku buka payung ditangan, berharap sebuah perubahan dan beban yang berkurang. Aku tahu di sudut yang tepat ia menghalangi dorongan yang menahanku, di sudut yang lain ia menarik, menyeretku mengikuti laju tak menentu. Mereka bilang ini alat, tapi aku kira kita tim, mereka bilang itu pelindung tapi menurutku kita saling mendukung.

Perfect in imperfection, entah bagaimana aku bisa mendapatkannya, dengan pegangan kayumu yang lapuk, penahan kainmu yang patah, dan tiangmu yang sedikit koyak. Aku tahu setidaknya ada 5 penahanmu termasuk aku yang memegangmu erat. Hingga beberapa tahun menjadi 7, kemudian 9, dan beberapa bulan lagi genap 10. Tidak semua bagian dari kita bekerjasama, ketika angin kencang datang dari utara mungkin hanya separoh yang bekerja keras untuk membuat kita kokoh. Tidak selalu mentari yang menantang kita, kadang juga mendung, hingga sering aku tidak mau membawamu menantang hujan apalagi badai, hanya karena kita tidak siap, seperti yang orang lain miliki.Aku hanya bisa melihat payung lain di sebuah toko, dibungkus plastik bening hingga aku tahu betapa menariknya warna dan motif mereka. Aku tidak benar – benar tahu bagaimana rangkaian dan kekuatan di dalamnya, tapi itu cukup untuk membuatku iri dan ingin menggantimu. Sesaat terlintas apa kita benar – benar cocok? Kemudian aku melihat orang dijalanan, mereka punya payung yang sama dengaku, usang, polos, dan berkarat, seperti diproduksi di pabrik pada tahun 80an.

Hingga aku akhirnya memutuskan untuk tetap menggunakanmu, jika kainmu robek aku akan menjahitmu, jika kayumu patah, akan aku mengikatmu, jika akhirnya bagian darimu remuk, hancur tak tersisa, aku… akan melepasmu. Karena aku sadar akan ada saatnya aku kehilangan peganganmu. Mungkin sesaat dan aku mulai terbiasa tanpamu, tanpa bagian kayu dan penahan kainmu. Bertahanlah 5 tahun lagi, hingga aku mampu berdiri sendiri, hingga aku tidak meninggalkan kekhawatiran untukmu…

Gresik, quite midnight…
January 2017 © anggadarkprince.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s