Aplikasi daily productivity

Aku suka banget aplikasi kategori produktivitas karena fungsinya yang bisa membantu hal – hal kecil tapi kadang penting. Contohnya aplikasi note, reminder, chat, file cloud storage, alarm, blog, dll. Kali ini aku akan bahas beberapa aplikasi produktivitas yang menurutku bagus, disini aku tidak ngasih banyak pilihan karena aku tidak berniat untuk melakukan full review atau rekomendasi, tapi sekedar share aplikasi yang aku gunakan yang menurutku bagus. Berkaitan dengan tema blogku critical awareness dan self education yah anggap aja ini selingan. Oke apa aja aplikasi produktivitas yang ada di smartphone dan laptopku. Here it is…

Evernote
https://evernote.com

Aku suka banget sama Evernote, dari pengalaman mencoba banyak aplikasi entah web atau mobile, belum ada yang bisa mengalahkan aplikasi yang satu ini. Menurutku evernote lebih dari sekedar note, dia bisa jadi task reminder, aplikasi chat, file repository dll, yang bisa menyimpan mulai dari plain text, html formatted, gambar, handwritting, video, dan file. Note kita juga bisa di share untuk dibaca orang, note dikelompokkan dalam notebook, ini seperti One Note milik Microsoft. Fitur yang paling penting adalah semua data disimpan di servernya Evernote, dan bisa di sinkronisasi ke semua aplikasi evernote yang lain dalam satu akun. Entah kalian mu buka di web, mobile, tablet, desktop kita bisa mengakses note yang sama, tidak perlu takut device rusak atau hilang, karena note kita akan aman di cloud. Tinggal login dan sync device baru kemudian semua note bisa diakses lagi. Evernote tersedia di platform Web SPL, mobile android/ios dan desktop.

Simplenote
https://simplenote.com

Simple note juga merupakan aplikasi note seperti Evernote, tapi kenapa aku pakai aplikasi note yang lain padahal sebelumnya aku bilang Evernote udah sangat bagus. Yah, yang bagus tidak selalu gratis, atau menurutku barang bagus pasti mahal, tapi yang mahal belum tentu bagus, Evernote itu bagus makannya mahal, hehe. Jadi untuk menggunakan unlimited space, dan sync offline note untuk mobile kita harus jadi premium member dengan biaya perbulan. Nah karena aku gak mau jadi member berbayar akhirnya aku cari alternatif yang lain. Simplenote seperti namanya memang bener – bener simple, bahkan disini gak ada formatting untuk text note nya, tapi tampilannya minimalis, keren, dan smooth. Simple note support Markdown formating, jadi bisa juga buat text header/title, ordered list, unordered list, bold, underline, emphasis tapi dengan cara yang agak berbeda.

Simple note juga support cloud-based storage, jadi kita diharuskan punya akun agar note kita bisa di simpan di server. Fitur yang minimalis membuat Simplenote GRATIS alias FREE. Dari banyaknya aplikasi cloud-based productivity app, simple note salah satu aplikasi note yang cukup worth it untuk dipakai. Aplikasi ini juga multiplatform, mulai dari web, desktop, mobile, untuk desktop support windows, mac, linux. Aplikasi mobile juga support windows, android, ios, jadi gak peduli jenis gear/gadget kalian, Simplenote selalu tersedia. FYI Simplenote dibuat oleh perusahaan yang bernama Automatic, perusahaan non profit yang mengembangkan WordPress.

Dropbox
https://dropbox.com

Jaman sekarang apasih yang gak digital, mulai buku, surat, tugas kuliah, foto sampai film JAV. Kebutuhan backup untuk data penting, kebutuhan mengirim file, dan data yang semakin banyak. Jadi inget waktu dulu kuliah dasar sistem informasi, dosenku bilang “Data itu selalu berkembang”, yah karena kebutuhan – kebutuhan inilah memiliki akun file cloud storage menjadi wajib. Aplikasi sejenis ini yang menyediakan storage online dengan berbagai variasi kapasitas, dari yang gratis sampai berbayar udah banyak banget. Apalagi kalau kalian sering download data digital bajakan mulai film, musik, game di blog – blog indonesia yang ngemis dari ads tanpa tahu internet ads ethic, pasti udah hafal. Beberapa pilihan atau akun yang udah aku coba, Google Drive, Dropbox, One Drive, Mega, Box, Hotfile, Mediafire, iCloud.

Banyak yang menawarkan space besar dan full speed download, salah satunya adalah Mediafire tapi sekrang mediafire udah banyak iklan dan gak nyaman untuk dipakai urusan bisnis atau sharing. iCloud hanya terbatas pengguna apple, Mega mirip seperti mediafire dan banyak yang sejenis seperti filecloud, sonicfile, rapidgator, zippyshare, hotfile, dll. Jadi antara Google Drive dan Dropbox akhirnya aku pilih Dropbox karena UI yang simple, dukungan kolaborasi, fitur chat, sharing dan terintegrasi dengan contact gmail walaupun space 2GB untuk akun free tapi fiturnya benar – benar lengkap. Kalau kalian cuma pengen space besar untuk backup atau repository data blog film atau game, dropbox bukan pilihan karena dia didesign untuk urusan pekerjaan yang menyimpan file – file dokumen, gambar, archive standard. Oke sebenarnya banyak yang bagus tapi berbayar, yang aku maksud disini adalah layanan free dari masing masing aplikasi. Dropbox tersedia di web, desktop dan mobile.

Puzzle Alarm
Play Store

Kenapa alarm aku masukkan daftar aplikasi kategori produktivitas, ya jelas tidur bukan sesuatu yang produktif. Tapi sebenarnya tidur juga memproduksi energi sih. Ini hal yang simple tapi gak semua orang mau bangun pagi untuk memulai aktivitas, jadi menurutku alarm membantu kita produktif lebih awal. Apa bedanya dengan alarm biasa? bedanya untuk mematikan alarm ini kita dikasih tantangan. Sesuai namanya puzzle alarm, kita dikasih puzzle yang bermacam – macam, mulai dari mencocokkan gambar, hitungan matematika, ngafalin urutan warna, nyesuaikan bentuk bangun, scan barcode (barcodenya ditaruh kamar mandi kalau perlu), di kocok – kocok atau call a friend (message lebih tepatnya) agar mereka bangunin kita langsung atau lewat telephone. Ada pengaturan levelnya untuk setiap puzzle, kayak hitungan untuk level easy hitungan masih tambah, kurang angka 1 digit, yang medium 2 digit, yang hard sampai perkalian dan pembagian 3 digit, bisa dibayangin, dalam kondisi sadar ngitung perkalian 3 digit (misal 347 x 845) aja kesusahan apalagi pas baru bangun, setengah sadar, padahal setiap pertanyaan dikasih waktu timeout 15 detik sebelum angkanya diganti yang baru, nah lo. Puzzle Alarm saat ini hanya tersedia di Android, di iOS ada yang sejenis dengan nama sama tapi beda pembuat dari yang versi android.

Pinterest
https://pinterest.com

Pinterest punya tagline “The world’s catalog of ideas“, kalau kalian tipe orang yang suka utek – utek, design, biking doodle lettering, cari kata mutiara, cerita motivasi, foto makanan, infografik, cover atau design majalah, style model rambut atau pakaian pakaian, foto landscape, dan inspirasi lainnya ya Pinterest tempatnya. Pinterest mirip kayak social media Instagram tapi konsepnya seperti papan tulis yang bisa kita tempeli dengan foto atau gambar. Bayangkan kalian punya papan dikamar (board) kemudian orang lain juga punya papan serupa. Kalian bisa menempelkan (pin) apapun disana begitu juga dengan orang lain, kalian bisa melihat papan milik orang lain dan memasukkan gambar orang lain di papan kalian. Menurutku Pinterest lebih keren dari Instagram, tapi kurang populer karena Pinterest bukan tempat untuk memamerkan dinner, selfie atau liburan kalian walaupun sebenarnya bisa juga sih. Pinterest tempat show off karya dan ide kalian, lebih dari yang memiliki nilai artistik yang butuh waktu lama untuk membuatnya. Pinterest tersedia di web dan mobile, Pinterest sering aku gunakan untuk mencari inspirasi design dan gambar kata – kata yang berkaitan dengan perilaku manusia. Pinterest menjadi aplikasi wajib di hpku.

Behance
https://behance.net

Behance merupakan produk dari Adobe Family, kalau kalian tahu aplikasi yang bernama Photoshop, Illustrator, Flash, After Effect, itu merupakan produk dari Adobe.inc. Bahance fokus pada design, disana kita bisa memposting portfolio design dan fotografi. Mirip dengan Pinterest, Behance aku anggap aplikasi yang membantu produktivitasku. Disana banyak banget karya design yang luar biasa. Behance tersedia di web dan mobile, kita juga bisa mengakses feed design dari aplikasi desktop Adobe Cloud.

Curiosity
https://curiosity.com

Curiosity merupakan website sekaligus aplikasi mobile yang membantu kita mendapatkan pengetahuan baru setiap harinya. Mereka punya tagline “Curiosity makes you smarter”. Aplikasi androidnya memberikan kita feed 5 article setiap hari dengan rangkuman fakta ringkas yang ditampilkan cukup dalam satu layar HP, kalau ingin melihat detailnya tinggal tap saja. Setiap artikel detailnya hanya berisi ulasan sekitar 4-7 paragraf, jadi tidak akan membuang banyak waktu kalian. Topik artikelnya mulai dari science, social, tech, food, math, puzzle, education, goverment, profile, life, dan banyak lainnya dari A-Z. Di aplikasinya kalian bisa menandai artikel yang kalian suka, setiap artikel juga bisa dishare. Kalau kalian bingung ngikutin website dengan tema edukasi atau fakta yang harus kamu tahu seperti yang sering ada di instagram, Curiosity bisa jadi salah satu alternatif. Aku paling suka topik puzzle disana, yang sering diambil dari channel youtube MindYourDecisions.

WordPress / Medium
https://wordpress.com dan https://medium.com

Kalian suka blog walking, mencari article yang sesuai dengan ide atau interest kalian? WordPress atau Medium menurutku 2 aplikasi social blog yang paling bagus. Walaupun kalian tidak aktif nulis di blog, wordpress punya fitur reading section, kita bisa mencari sebuah artikel atau blogger, dan menemukan artikel yang mirip dengan artikel yang dibaca saat ini. Aku banyak menemukan blog atau article yang bagus menggunakan aplikasi wordpress. Versi mobile hampir sama dengan web SPL wordpress saat ini, dengan design minimalis dan keren kita bisa menulis dengan nyaman langsung dari Smartphone. Medium mirip dengan wordpress hanya saja seperti social media tapi blog, kedengaran mirip tapi agak beda. Medium tidak punya formatting sekaya blog, kita tidak bisa membuat kategory (hanya tags), melakukan styling yang aneh – aneh, karena artikelnya dibuat standard dan simple seperti feed socmed. Medium lebih mirip tumblr tapi penggunanya banyak yang menulis artikel panjang seperti blog daripada tumblr yang biasanya isinya pendek – pendek. Seperti WordPress, Medium bisa merekomendasikan artikel dengan topik sejenis, jadi kadang setelah baca satu artikel, dibawah pengen baca lainnya yang direkomendasikan, kemudian baca yang lain lagi dan seterusnya hehe.

Trello
https://trello.com

Trello merupakan aplikasi task management, mirip dengan scrum board. Kalau biasanya kalian menempeli sticky note di dinding kamar kalian yang berisi daftar TODO, task list, daily objective dan lain sebagainya, sekarang kalian bisa menggantinya dengan Trello. Trello juga biasa digunakan untuk urusan bisnis dalam kolaborasi pengerjaan project yang melibatkan tim. Trello memiliki fitur kolaborasi untuk mengelola suatu board. Setiap board memiliki banyak card stack, setiap card stack berisi card yang isinya bisa gambar, checklist, atau sekedar text biasa. Setiap task bisa diukur seberapa progress kita dengan mentracking jumlah checklist yang telah dicoret. Board dapat diarchive sebagai tanda bahwa kumpulan task tersebut telah selesai dikerjakan. Menurutku aplikasi ini cocok digunakan sendiri atau kelompok (tim).

Lifesum
https://lifesum.com

Aplikasi ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan produktivitas kerja, tapi ini bagian dari gaya hidup saat ini, tentang pola hidup sehat dan diet. Ngomong – ngomong soal diet, sebenarnya istilah diet adalah usaha untuk mengatur pola makan, bukan hanya tentang menurunkan berat badan. Jadi pada dasarnya semua makhluk hidup di dunia ini melakukan diet. Lifesum memiliki 3 program untuk mengatur pola makan, minum dan olahraga, yaitu Gain Muscle, Loss Weight dan Healthy, tapi untuk premium member masih dipecah menjadi beberapa program lagi. Lifesum melakukan tracking apa yang kalian makan dan minum, juga mengingatkan berapa kalori makanan yang kalian belum konsumsi. Menentukan berapa porsi protein, karbohidrat dan lemak yang kalian harus cukupi untuk mencapai target. Premium plan mendapat informasi lebih banyak tentang kebutuhan gizi. Database lifesum tentang informasi gizi lengkap banget termasuk jumlah kalori yang dikeluarkan untuk berbagai aktivitas olahraga, bahkan Indomie goreng ada didatabase mereka. Misalkan kalian makan snack yang tidak ada di database Lifesum, mereka menyediakan fitur untuk submit data baru. Mereka punya tagline “Eat until you’re full and keep lose weight”, tertarik? download sekarang, tersedia untuk mobile Android dan iOS.

Duolingo
https://duolingo.com

Tambahan satu lagi aplikasi untuk belajar bahasa yang cukup populer, walaupun menurutku kita tidak benar – benar bisa atau fasih bahasa asing dengan belajar melalui Duolinggo saja. Aplikasi ini menawarkan belajar bahasa melalu game menjawab pertanyaan dengan berbicara, melengkapi kalimat, menebak gambar, dan menterjemahkan kalimat. Tapi cukup untuk practice bahasa level awam. Kita bisa mengakses melalui web atau aplikasi mobile, tersedia untuk android, ios dan windows.

Yap itu tadi aplikasi yang udah aku gunakan selama ini, yang paling sering dipakai Evernote dan Pinterest, beberapa aplikasi sejenis mungkin orang – orang lebih milih vendor lain, tidak masalah, aku tidak meng-encourage kalian memakai aplikasi diatas yes.

Gresik, cloudy morning…
December 2016 © anggadarkprince.wordpress.com

Reference:
[image source: Google]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s