Six degrees of separation

Teman dari teman kalian mungkin secara tidak sengaja adalah kakak ipar, atau pacar kalian adalah anak dari adik teman ayah kalian. Spontan orang – orang bilang “dunia ini ternyata sempit ya…”. Ide inilah yang pertama kali diungkapkan oleh Frigyes Karinthy di tahun 1929 dan dipopulerkan oleh John Guare dalam bentuk cerita drama di tahun yang sama. Six degree of separation adalah teori yang mengatakan bahwa semua hal didunia ini terhubung paling banyak 6 derajat, dimana setiap derajat direpresentasikan oleh sebuah hubungan seperti teman, kerabat, saudara dan sejenisnya. Artinya 2 orang yang tidak saling kenal dapat dihubungkan maksimal 6 pihak pemisah diantara mereka. Misalkan aku dengan Dian Sastro mungkin terpisah 4 derajat, jika dicari tahu mungkin aku punya teman orang yang tinggal di Jakarta. Temanku ayahnya kerja di perusahaan TV, teman ayahnya temanku ini adalah asistennya Dian Sastro, dan asistennya tentu saja kenal Dian Sastro, jadi untuk berhubungan dengan Dian Sastro aku hanya perlu meminta temanku ikut ayahnya, kemudian kenal asistennya, dan kenalan langsung dengan Dian Sastro.

Teori ini dibuktikan oleh Stanley Milgram dalam penelitian yang berjudul “Small World Problem” pada tahun 1967. Teori sejenis juga telah muncul mirip dengan konsep “dunia kecil” sebelumnya tentang hubungan antara 2 orang berdasarkan derajat tertentu. Misalkan teori Three degrees of influence yang diciptakan oleh Nicholas A. Christakis dan James H. Fowler. Konsep utamanya dibentuk dari fakta bahwa di dunia ini semua orang terhubung satu sama lain 3 derajat. Seperti sebuah rantai, bisa kalian bayangkan dalam social network setiap akun bisa dihubungkan dengan akun yang lain dengan ikatan pertemanan dan sebuah profil mungkin merupakan mutual friend dengan teman kalian yang lain. Karena dekatnya kemungkinan hubungan orang – orang ini menimbulkan pertanyaan “Seberapa jauh atau berapa maksimal 2 orang terpisah dalam hubungan kekerabatan?”. Bakhshandeh meneliti tentang six degrees of separation di Twitter yang menghasilkan nilai sekitar 3.43-3.88 antara 2 user secara acak dengan algoritma optimal yang mereka tulis. Facebook  juga telah mengklaim mempunyai derajat pemisahan rata-rata sejauh 3,54.

Aku tidak akan membahas detail tentang konsep yang mungkin sudah ditulis orang lain dalam review blog dengan ide yang sama. Tapi yang jadi concern-ku adalah sesuatu yang mungkin remeh, terlontar hanya seperti ungkapan sederhana menjadi sesuatu yang luar biasa. Katanya “dunia ini sempit”, litteraly bumi ini  196,9 juta mi² tapi dalam sudut pandang yang lain, ya dunia ini mungkin memang sempit, orang datang  dan pergi, sebagian dari mereka mungkin familiar, atau ternyata orang – orang sebenarnya ada di lingkaran kecil kita. Berulang kali aku tulis teori dari Aristoteles tentang rasa ingin tahu manusia mendorong kita untuk terus menggali informasi atau kalau tidak, kita bisa jadi gila. Six degree of separation mungkin bagi sebagian orang hal ini menarik ketika kalian membahas masalah jodoh seperti lagu patah hati milik The Script dengan judul yang sama. Kira – kira siapa orang yang ingin kalian temui didunia ini, mungkin kalian fans fanatik dari band di luar negeri, pemain bola, pemain jav, bukan tidak mungkin kalian hanya terpisah beberapa derajat dengan mereka.

“I believe that the imagination is the passport we create to take us into the real world. I believe the imagination is another phrase for what is most uniquely us.”
John Guare, Six Degrees of Separation

Gresik, quite afternoon…
December 2016 © anggadarkprince.wordpress.com

Reference:
[image source: Google]
[https://en.wikipedia.org/wiki/Six_degrees_of_separation]

2 pemikiran pada “Six degrees of separation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s