24 years old

Hari ini aku 24, iya umur bukan yang lain, gak kerasa udah 24 tahun aku hidup di dunia ini. Rasanya baru kemarin aku masih SMP, waktu terus berjalan udah hampir 10 tahun sejak waktu itu. Rasanya dikit banget pencapaian hidupku, aku bahkan gak pernah pegang piala atau sertifikat penghargaan akan sesuatu. Aku bahkan banyak tersesat selama hampir 2 tahun terakhir dengan hal – hal yang mungkin kurang berguna. Setelah ini aku berpikir merubah kebiasaanku selama ini, 24 aku mulai banyak melihat suatu hal dengan lebih jelas, katanya umur 20 – 30 adalah waktu yang krusial seseorang untuk menjadi dewasa yah aku sempat hilang pegangan beberapa saat, waktunya memperbaiki.

Berbeda dengan tahun sebelumnya aku mematikan notifikasi ulang tahun di social network yang aku punya seperti facebook dan twitter. Sebagai gantinya aku sempatkan nulis sedikit di blog seperti ini, iya selamat ulang tahun buat aku sendiri. Semoga ditahun ini banyak hal baik menggantikan 2 tahunku yang hilang, mulai membuat daftar dan target yang baru yang lebih rasional dan mampu aku capai. Dulu aku pernah bermimpi untuk kerja di sebuah perusahaan IT di Singapore, sekarang gak lagi. Banyak hal menantang di Indonesia, lagipula ternyata skill yang aku usahakan untuk siap bekerja disana ternyata belum cukup dan jauh dari target awal.

Nah aku sendiri sekarang masih stuck gara – gara skripsi yang tak tinggal selama setahun lebih, iya aku 24 dan belum lulus kuliah, beberapa saat lagi Insya Allah. Berkaitan dengan itu sebagai permulaan ini dia tahun 24 ku ada daftar PR yang harus aku capai:

  1. Lebih dewasa, lebih tenang, lebih efisien, rasanya agak kurang jelas yah, tapi intinya lebih  produktif dalam hal kehidupan, dekat dengan pencipta dan mampu mengendalikan diri, ngurangi nonton anime, film, dan ngelamun. Rasanya waktuku memang banyak terbuang untuk ini, mungkin bisa diganti dengan baca buku.
  2. Skripsi, hampir, hanya beberapa milimeter lagi, tapi tetap aja ini tanggungan dan kesalahanku gara – gara tak tinggal freelance selama setahun lebih.
  3. Persiapan skill, aku pengen spesifik menguasai bahasa pemrograman tertentu, saat ini bahkan masih takut untuk fokus karena kebutuhan pasar diluar sana, tapi aku sendiri sadar akan keterbatasan otakku, bahkan setiap ganti tool dan bahasa pemrograman sering lupa dan belajar lagi.
  4. Income $1,000 perbulan, hmm iya 10 juta, darimana? hehe sebelumnya aku freelance paling banyak cuma 5jutaan perbulan, itupun berdarah – darah, iya darah beneran bukan kiasan (sering mimisan kurang istirahat). Setelah ini cari kerja dan freelance juga pas weekend, persetan masa muda ada hal yang lebih penting daripada hal yang lebih menyenangkan, bukan tentang uang saja tapi ini terkait hal – hal pribadi dan keluarga yang gak bisa tak ceritakan disini.
  5. Self-project, aku pengen punya web yang aku kelola sendiri, dipakai orang banyak dan kalau bisa menghasilkan buat aku dan bermanfaat untuk negara (eiskoh).

Bagaimanapun, itu adalah rencana, buat kalian mungkin kecil, buat aku besar. Namanya rencana bisa aja gak berjalan seperti yang tertulis. Seberapa kuat, sungguh – sungguh mencoba mewujudkan, kembali ke Allah yang memberi dan tahu hal – hal yang baik buat aku.

Everything will change. The only question is growing up or decaying.
– Nikki Giovanni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s