Earworms lagu alay ditelinga

Kalian suka dengerin musik,,? pernahkah sebuah musik alay terngiang – ngiang ditelinga selama beberapa hari atau malah seumur hidup? yah itu namanya Earworms. Jadi ceritanya aku juga sering ngalamin earworms, lagunya macem – macem tapi kali ini lagu dari Goose House – Hikaru Nara  光るなら bukan lagu alay, lagunya enak. Lagu ini soundtrack anime Shigatsu no kimi no uso. Pas kemarin baru dapet lagu baru dari Kana Nishino yang judulnya No.1, rasanya setiap mau mandi si Kana-chan ini konser di telingaku, mending kan kalo lagu nya enak, hehe misalkan pas denger lagu alay terus jadi earworms bisa senyum – senyum sendiri kalian.

Kalo aku earworm sering pas tahu lagu baru yang enak terus tak puter beberapa kali dan jadi deh earworm sebelum bosen sendiri dan ilang. Ada beberapa penelitian yang bisa menjelaskan tentang earworms. Menurutku earworm ini kayak dejavu, seakan kita tahu lagu ini sebelumnya dan otak kita berusaha mencari sumber kenangan itu padahal sebelumnya memang ndak ada, yang ada hanya sebuah pola yang mencampur aduk kenangan dari suara yang pernah kita dengar seumur hidup kita. Mungkin ada bagian bunyi gitar dari musik yang baru kita dengar ternyata mirip dengan lagu anak – anak yang dulu kita sering dengar, tapi kita sendiri sudah lupa akan kenangan itu, yang ada hanya sisa – sisa nya saja. Earworms sebenernya bukan penyakit yang berbahaya, setiap orang hampir sering mengalaminya. Aku nyoba cari di beberapa kasus ada banyak yang menuliskan mereka mendapat earworms ratusan kali dalam setahun. Berikut ini contoh laporan earworm beberapa orang di BBC 6Music

“My bloody earworm is that bloody George Harrison song you played yesterday. Woke up at 4.30 this morning with it going around my head. Please don’t ever play it again!”

“I’ve got ‘ch-ch-ch-changes’ by David Bowie as a repetitive ear worm, because it was the last song I heard before the battery on my iPod ran out on a very long cycle ride.”

“My earworm is still ‘Alive’ by Pearl Jam and has been for days!”

Shaun Keaveny’s Breakfast Show – BBC 6Music

See, mereka juga mengalaminya kan, banyak banget kalo coba search di internet kasus – kasus earworm yang lucu – lucu. Namanya earworm bukan berarti beneran ada cacing di telinga. Ini adalah gejala di mana otak kalian bekerja untuk mengisi kekosongan dalam irama sebuah lagu. Aku kutip dari Merdeka, “Lagu yang Anda dengar memicu bagian otak yang dinamakan auditory cortex (korteks pendengaran). Para peneliti di Dartmouth University menemukan bahwa ketika mereka memainkan bagian dari sebuah lagu yang akrab di telinga subyek penelitian, maka korteks pendengaran mereka secara otomatis ikut menyanyikan bagian yang hilang.”

Dengan kata lain, otak akan berusaha menyanyikan lagu alay tersebut bahkan setelah lagu itu berakhir. Salah satu cara agar lagu itu tidak terulang dalam otak adalah dengan menyanyikannya lagi dan lagi sampai bosan, tapi juga mungkin malah jadi ingatan permanen kalian, hehe. Teori lainnya menyebutkan bahwa lagu yang terus kita mainkan dalam kepala kita sama dengan pikiran yang berusaha kita tekan. Semakin kita mencoba untuk melupakannya, maka pikiran itu akan semakin menempel pada otak kita.

Earworms lagu apa yang paling kalian alami, dangdut? india? korea? jepang?, tulisin di kolom komentar dan gimana perasaan kalian pas kena earworms?

References:
Merdeka : Earworms
National Geography : 8 Fakta Earworms
BBC : Why songs get stuck in our head

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s