Android Form Validator

Kemarin nih ada kerjaan bikin aplikasi android, yah biasa se ketemu masalah dasar yaitu form validasi, sebenernya kita bisa validasi data di server karena kebetulan kita bikin API untuk simpan data di database, but kita ndak mau harus bolak – balik karena user salah input nama pake angka, dan memang best practice nya validasinya di Android kecuali untuk hal – hal yang harus di cek di server misal availability username, email atau cek password kalo mau update setting profile akun, cek unique slug article atau kasus yang lain lah. Nah banyak nih yang bisa dipakai untuk validasi, iya pake library, kita bisa cari di Android Arsenal atau cari lewat google (bing, yahoo, dan yang lain) juga bisa.

Salah satu yang bisa dipake adalah library Saripaar (UI form validation library for Android). Library tersebut cukup lengkap, tapi disini aku gak bahas library, tapi bikin aku bikin kelas helper untuk Android Validator sendiri, yah ndak perlu bagus penting bisa dan selama kita butuh yang standard kenapa harus pake source code berlebih dari library, kecuali kita punya aplikasi yang akan berkembang kompleks dan tau dimasa yang akan datang akan semakin rumit dalam meng-handle form maka ndak masalah boleh aja pake library. Oke kita bikin class yang isinya fungsi untuk validasi, aku nulis codingnya di Gist jadi aku embed aja disini.

Ada 2 file dibawah ini, file Validator.java yaitu class helper yang berisi kumpulan method untuk validasi, dan kelas Unit Testing, ndak perlu dipedulikan, itu cuma test case yang aku bikin, tapi dari file test itu kalian bisa liat cara aku panggi semua method validasi tersebut. Kalian bisa buka dafatar Gist ku disini dan akun github ku sendiri disini. Semoga bermafaat.

Daftar rule validasi yang di cover class ini adalah required, url, email, person name, alpha-dash (username), date, min, max, range number dan string, custom regexp, memberOf, uniqueOf, dan tambahan method untuk convert string menjadi slug. Silahkan tambahkan fungsi kalian sendiri jika perlu (misal format CC) jangan lupa kalau ingin ngasih kontribusi kirim pull request atau message di github agar fungsinya lebih banyak 🙂

Thanks for giving me feedback and revision. – Angga Ari Wijaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s