Sampai kapan pake barang bajakan?

Yo, nulis lagi setelah kepikiran habis install software IDE untuk coding PHPStorm versi 2016.1, yang sebelumnya aku pake versi 9 dan cracknya gampang banget karena bisa pake generator dan gak perlu connect internet. Nah yang versi 2016 ini ndak bisa, ada beberapa jenis licence tapi semuanya harus di verifikasi ke perusahaannya lewat internet, terus ternyata nemu server licence yang bisa ngelakuin itu buat aku walaupun awalnya gagal terus kadang balik status unregistered. Tapi yah itu lah kalo kita gak beli, terus keinget lagi pas source code dari web proyek pas PKL tiba – tiba dijual orang di blog nya (Holy shit moly) yeah to much moly, website yang tak buat dan temen – temenku pas PKL emang ndak terlalu bagus tapi rasanya ndak terima aja, walaupun disisi lain aku ngelakuin hal yang sama “pakai barang bajakan”, dan jumlahnya ndak keitung dari film, game dan software. Aku bajak software sejak tau software itu yang versi berbayar bisa dibikin gratis pake banyak teknik, crack, patch, nyari keygen, dan lain – lain sejak SMP kelas 2.

Terus mulai kepikiran berapa banyak hutangku ke mereka pembuat software, game dan film itu, katakanlah aku udah liat 3000 film, sebenernya lebih, dari serial TV yang episodenya ratusan, anime juga udah ribuan file, movie yang tinggal copy dan download, software aplikasi biasa dan sistem operasi katakanlah 300 aplikasi, terus game yah katakanlah 200 game, ayo dihitung kasarannya aja yah setiap game harganya mulai dari 100-500 ribu yang original. Kita ambil tengah 250 ribu x 200 game = 50juta, terus film harganya hampir sama sekarang apalagi yang blueray, yah misal dari 100-300 ribu ambil tengah jadi 150 ribu x 3000 film/serial/anime = 450juta, terus software, yang ini agak susah ngitungnya karena harganya dari 50 ribu – 40 juta, yang paling mahal yang pernah tak pake software 3D untuk industri, yah tak ambil yang murah dah sekitar 500 ribu aja, berarti 500 ribu x 300 aplikasi = 150 juta, sekarang jumlahkan semua 50juta + 450juta + 150 juta = 600 juta rupiah, dan mungkin lebih, pastinya lebih karena banyak yang gak tak itung kayak gambar, mp3, video clip, video tutorial, jav, file template, script atau asset yang tak pake buat develop software download di torrent atau deep web.

Bayangkan uang segitu kalo aku kerja gaji 5 juta perbulan, butuh 120 bulan, atau 10 tahun buat ganti semua dan aku gak makan selama 10 tahun, udah mati duluan ya T_T, terus gimana, yah setidaknya usaha berhenti donk, susah tapi ya, aku baca beberapa artikel di internet dan cari – cari alternatif, sebenernya kita bisa dapetin konten digital lebih murah lho. Pembajakan emang susah dihindari karena beberapa perusahaan memang membiarkan softwarenya untuk dibajak, lha mereka rugi donk, ndak juga, mereka punya afiliasi dengan perusahaan lain yang cukup menguntungkan untuk menutupi user yang mungkin awalnya mau beli karena terpaksa tapi akhirnya ndak jadi karena bisa di crack, misalkan Adobe, produknya adobe gampang banget buat diilangin versi trial nya, tinggal cari file amtlib.dll copy ke directory instalasi, selesai, dari dulu sampai sekarang itu aja caranya cukup, apa berarti adobe gak bisa bikin softwarenya lebih susah buat dibajak?,Ndak!, mereka bukan orang bodoh kayak aku, katakanlah software itu kebanyakan dibuat untuk industri maka sedikit orang yang tahu, bahkan mungkin banyak orang yang gak punya skill untuk bikin video pake after effect atau edit photo pake photoshop, yang akhirnya perusahaan yang nerima orang seperti mereka harus di kasih pelatihan dulu.

Adobe juga ngasih licence untuk pelajar agar harganya lebih murah, sebenernya mereka peduli, kita yang terlalu pelit dan gak peduli, kemudian mereka bikin fitur subscription juga, jadi kalian bisa punya photoshop cuma harga $10-15 per bulan, kalo buat belajar aja segitu cukup, kalo kalian udah kerja misal jadi digital artist di perusahaan aku yakin licence photoshop kalian dari perusahaan itu ya kan, kalo kerja pake komputer kantor yang photoshopnya udah full version, jadi sebenernya ndak ada alasan untuk pake produk adobe yang bajakan kata pepatah Jer basuki mawa bea, ilmu itu juga butuh biaya, $10-$15 dollar lebih murah dari uang SPP kuliah kalian atau lebih murah dari belanjain pacar kalian lingerie atau bedaknya. Ada yang alasan, “kan aku gak setiap hari pake photoshop, aku pake lak butuh, kalo sebulan aku cuma pake sekali rugi donk bayar $15”, oh ya? kalian beneran digital artist apa cuma anak SMP yang cuma pake photoshop buat “Crop” doank? jujur, jawab aja Iya. Aku tahu banyak dari kalian install software keren biar keliatan keren tapi nyatanya ndak dipake, aku sendiri pake photoshop buat web design walaupun photoshop itu multipurpose dan lebih baik pake Sketch dari Mac karena emang tujuannya untuk App design dan harganya jauh lebih murah dengan licence seumur hidup, tapi aku masih nabung buat beli Macbook T_T.

Oke, kembali nyari alternatif untuk software, ada Linux, yah orang masih gak terbiasa pake ini, apalagi yang sering pake windows dan ndak pernah nyoba yang lain, linux ini opensource, gratis bahkan boleh kalian jual lagi kalo mau, banyak software alternatif versi windows untuk linux, office bisa pake open office atau libre, photoshop pake gimp, illustrator/corel bisa pake InkScape, 3dsMax bisa pake Blender, dan lainnya memang ada software yang ndak ada gantinya, aku akui itu dan emang jauh beda fitur dan support versi berbayar dan yang gratis, rasional kan! sebenernya udah banyak yang tahu hal ini jadi stop, sekarang cari alternatif untuk film, anime, serial tv. Kalian bisa ke bioskop sebulan 2x daripada beli DVD yang ratusan ribu, nonton di bioskop lebih murah, mau yang lebih murah lagi? ada, kalian bisa ke digital store kayak Play Movie dari google  dan banyak web sejenis atau website streaming berlangganan bulanan, bayangin kalian bisa liat film, serial tv apapun selama sebulan dengan harga $50 dollar, jauh lebih murah kan, mereka juga nyediain musik, kayak di iTunes, SkySong, Spotify, Napster, Windows Store, Play Music, dll banyak banget, musicnya streaming terus bisa di mainin offline, dan kalian bisa dapetin dengan harga seribuan, iya seribu atau ratusan rupiah, kalo kalian akumulasi 50 ribu dapet 30 lagu streaming kalo mau beli yah lebih bagus. Untuk serial TV dan anime, kalian bisa berlangganan TV kabel. Versi OVA atau spesial yang ndak ada di TV jadi kalian harus beli. Bahkan kalian boleh ngerekam di TV tapi jangan di serbarkan di internet, buat di liat lagi lain waktu, bahkan di device TV nya ada fiturnya kan. Nah dari semua itu seharusnya kita bisa pelan – pelan beralih dari barang bajakan ke original, pada developer juga paham kalo kita gak mau beli barang digital jadi mereka bikin banyak alternatif, seperti game sosial sekarang, gamenya gratis tapi kontennya berbayar, kita dibikin ketagihan dan suka sama produknya tapi pengeluaran kita untuk beli item merchandise game melebihi harga game tersebut kalo dijual.

Huh capek nulis, dan ngomong kesana kemari,, hehe sory kalo OOT dan tulisannya ndak ada titik koma nya. Aku juga masih usaha tapi susah yah,, mungkin aja aku dapat pekerjaan yang gajinya 100juta perbulan jadi ndak usah mikir – mikir kalo mau beli sesuatu, amin,, yosh jaa ne…

Stealing is a crime, and a very impolite thing to do. But like most impolite things, it is excusable under certain circumstances.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s