Komentar yang gak penting

Kata pepatah “silence is gold”, yah benar berlaku juga di dunia maya, sering gak sih di facebook, forum, milis ada orang yang komen “up”, “numpang lewat…”, “hmmm…”, “tinggalin jejak…”, “hehehe…”, “pertamax (selain di kaskus)”, dan lain sebagainya. Yah sering… kenapa aku gregeten sama orang – orang ini, karena menurutku kalo gak ngasih kontribusi mending gak usah komentar!,

Mungkin aku terbiasa baca millis issue di github, quora atau di forum tanya-jawab programmer stackoverflow, karena emang di quora, stack overflow, github punya fitur buat mencegah komentar yang kurang “appropriate” seperti kebiasaan orang indonesia. Yang jadi pertanyaan adalah kenapa? kenapa mereka nulis hal yang gak perlu, apa karena pengen eksis di daftar diskusi, chat, komentar sosmed atau mereka punya maksud lain. Berbeda kayak di kaskus yang memang punya tujuan nulis pertamax di thread, lha ini di pake dimana – mana, mungkin kaskus yang hebat bisa ngasih influence usernya untuk pake aturannya dimana-mana.

Sesuatu yang dilakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan. Setiap orang pasti pengen nunjukin ke orang lain kalo eksistensi dirinya itu penting untuk orang lain, ada yang bilang “Just ignore it”, tapi tetep aja ngerusak tampilan list sosmed, “Hapus aja komennya”, ntar orangnya marah karena masalah sepele, “Yaudah ngalah”, kenapa aku, kenapa bukan mereka. Sayangnya banyak sosmed yang gak memiliki fitur untuk mengurangi hal kayak gini, gak mungkin kan report as inappropriate post padahal isinya cuma “ninggalin jejak”. Setidaknya ada fitur upvote atau downvote, jadi biar yang punya tulisan ngerasa kalo ada yang perlu diperbaiki cara dia komentar, bahkan di stackoverflow, grammar dan spelling kita bisa dibenerin orang (baik banget), karena mereka peduli bahwa akan banyak orang yang baca, agar bisa dimengerti orang, maksud dan tujuannya, kalo kita tanya tanpa usaha juga biasanya kita dikasih saran buat nulis apa aja yang udah dilakuin, ada gambar yang bisa ditunjukin atau gak, referensi mana yang diikuti dan lain – lain.

Mulai dari sini aku ngajak kalian buat nulis komentar yang bermanfaat dan ngasih kontribusi. Aku gak ngajarin kalian untuk komentar, aku cuma mengajak kalian untuk menahan diri saat menulis komentar. Gak butuh pinter buat nulis sesuatu yang perlu dan nyimpen sisanya yang gak perlu, gak perlu menjauh dari internet kalo banyak orang pernah melempar pisau verbal di twitter atau facebook, karena kalau kalian tahu hal yang baik, internet it keren!

Silence is golden when you can’t think of a good answer.
 Muhammad Ali 

Satu pemikiran pada “Komentar yang gak penting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s