Hak Dan Kewajiban Warga Negara

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA

OLEH : ANGGA ARI WIJAYA

            Kita sebagai masyarakat yang tinggal dalam suatu kesatuan organisasi yang kompleks yaitu Negara Indonesia, dalam lingkup yang dibatasi dan diberi kebebasan agar proses berkehidupan menjadi lebih baik karena interaksi antara yang berkedudukan tinggi yaitu pemerintah dengan rakyat terjadi timbal balik yang saling mendukung, yaitu tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia, dimana Negara menjamin kehidupan dan kebebasan rakyatnya, dan rakyat memberikan peran aktif dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Hak : adalah sesuatu yang seharusnya kita dapatkan yang biasanya imbalan dari ketika kita melakukan suatu kewajiban. Kewajiban : Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Dalam hal ini adalah kewajiban yang kita lakukan untuk Negara Indonesia dan hak yang kita dapatkan dari Negara Indonesia.

Di Indonesia , hubungan antara warga negara dengan negara (hak dan kewajiban) digambarkan dalam UUD 1945. Hubungan antara warga negara dengan negara Indonesia tersebut digambarkan dalam pengaturan mengenai hak dan kewajiban yang mencakup berbagai bidang. Hak dan kewajiban warga negara tercantum dalam pasal 27 sampai dengan pasal 34 UUD 1945. Bebarapa hak warga negara Indonesia dalam UUD antara lain sebagai berikut :

  1. Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  2. Hak membela negara
  3. Hak berpendapat
  4. Hak kemerdekaan memeluk agama
  5. Hak mendapatkan pengajaran
  6. Hak utuk mengembangkan dan memajukan kebudayaan nasional Indonesia
  7. Hak ekonomi untuk mendapat kan kesejahteraan sosial
  8. Hak mendapatkan jaminan keadilan sosial

Sedangkan kewajiban warga negara Indonesia terhadap negara Indonesia adalah :

  1. Kewajiban mentaati hukum dan pemerintahan
  2. Kewajiban membela negara
  3. Kewajiban dalam upaya pertahanan Negara

Selain itu ditentuakan pula hak dan kewajiban negara terhadap warganegara. Hak dan kewajiban negara terhadap warga negara pada dasarnya merupakan hak dan kewajiban warga negara terhadap negara. Beberapa ketentuan tersebut, anatara lain sebagai berikut :

  1. Hak negara untuk ditaati hukum dan pemerintah
  2. Hak negara untuk dibela
  3. Hak negara untuk menguasai bumi, air , dan kekayaan untuk kepentingan rakyat
  4. Kewajiban negara untuk menajamin sistem hukum yang adil
  5. Kewajiban negara untuk menjamin hak asasi warga negara
  6. Kewajiban negara mengembangkan sistem pendidikan nasional untuk rakyat
  7. Kewajiban negara meberi jaminan sosial
  8. Kewajiban negara memberi kebebasan beribadah

Secara garis besar, hak dan kewajiban warga negara yang telah tertuang dalam UUD 1945 mencakup berbagai bidang . Bidang –bidang ini antara lain, Bidang politik dan pemerintahan, sosial, keagamaan, pendidikan, ekonomi, dan pertahanan.

            Kadangkala hak dan kewajiban seseorang pada Negara tidak terpenuhi seperti yang tertulis pada UUD 1945, ini merupakan pelanggaran HAM, artinya seseorang tersebut tidak mendapatkan apa yang seharusnya dia dapatkan dari Negara, tapi ini tidak sepenuhnya kesalahan pemerintah, karena dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat, dibutuhkan data dari masyarakat untuk Negara agar mendapatkan langkah yang akan diambil kemudian. Misalnya atas Hak penghasilan dan Penghidupan yang layak, dalam peraturan yang tertulis jelas Negara tidak membiarkan rakyatnya menderita, tapi pada kenyataannya ada orang – orang yang berpenghasilan dibawah standar yang diberikan pemerintah daerah, pada tempat mereka bekerja biasanya yang memang melanggar aturan masalah pemberian upah dan pekerjanya mau tidak mau mengikuti aturan tersebut.

            Dalam proses pemenuhan hak warga Negara tidak semudah dituliskannya tentang undang-undang yang mengatur itu. Usaha pemerintah untuk melindungi rakyatnya, memberikan kebebasan yang tidak menimbulkan konflik dan jaminan atas kehidupan yang terus berkembang melalui proses yang panjang, dibalik proses pemenuhan kebutuhan tersebut, rakyat kadang tidak mengetahui dan memandang sepihak, sehingga ketika tidak mendapatkan apa yang harus didapatkan dari Negara timbul konflik antara masyarakat dan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s