Teknologi dan Penyajian Informasi Digital

Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen yaitu suara, gambar dan teks. Beberapa contoh penerapan teknologi multimedia adalah Internet, multimedia di internet siaran langsung TV, video streaming, melihat animasi bagaimana cara kerja sesuatu (tutorial) dan mendengarkan musik. Presentasi, multimedia memungkinkan seorang pembawa presentasi beralih dari overhead projector yang menampilkan gambar dan teks yang kaku kepada gambar bergerak, suara dan animasi untuk menghidupkan presentasi yang dibawakan. Tutorial, multimedia dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan berbasiskan komputer, sebagai contoh perusahan menyediakan tutorial yang interaktif bagi karyawan baru untuk mempelajari prosedur-prosedur di perusahaan atau tutorial yang titujukan untuk masyarakat umum. Dan banyak lagi penerapannya.

Tujuan dari penggunaan multimedia di antaranya, Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi, penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut, aplikasi multimedia dapat merangsang panca indera dan perasaan penerimanya, karena dengan penggunaannya multimedia akan merangsang beberapa indera penting manusia, seperti : Penglihatan, pendengaran, gerak maupun suara. Dalam pengaplikasiannya multimedia akan sangat membantu penggunanya, terutama dalam hal belajar. Dalam hal ini secara khusus bagi masyarakat awam.

Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang juga ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, Internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet.
Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari iklan dalam tulisan biasa. Iklan internet merupakan media kaya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televisi sehingga kita dapat menonton televisi tanpa membayar.

Multimedia mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda berbelanja dari rumah.

Dari mulai anak – anak SD, SMP, SMA, Mahasiswa hingga masyarakat yang belum terbiasa menggunakan Komputer pun mau tidak mau harus ikut belajar. Dengan berbagai macam tujuan dan hal ingin di ketahui, entah itu mencari pekerjaan secara online,melihat TV, transfer uang, mencari uang, belanja, sekedar main game, download ratusan video, file Mp3 hingga pendaftaran sekolah semuanya tersedia di Internet.

Multimedia mengubah cara kita membaca koran dengan menghapus kebutuhan akan kertas dengan menawarkan keunggulan multimedia, termasuk penelusuran full-teks, grafik, audio dan video. Menurut artikel di Internet, lebih dari 2700 surat kabar mencoba penerbitan elektronis ini, sedangkan pada tahun 1989 hanya 42 surat kabar. Penerbitan elektronis juga berdampak pada industri pendidikan. Banyak Sekolah mulai menginvestasikan anggaran buku kedalam teknologi multimedia. Misalnya dengan melengkapi komputer di perpustakaan dapat mengakses internet.

Internet merupakan sarana penyaji informasi Multimedia terlengkap dari yang lainnya. Inilah dampak untuk menghasilkan SDM yang Up-to-date, kemudahan penyampaian informasi membuat multimedia di intregasikan dalam segala hal, termasuk HP. Melalui piranti kecil ini  setidaknya masyarakat satu langkah lebih maju untuk belajar selain melalui Komputer.

Internet bersaing dengan televisi memperebutkan waktu luang masyarakat. Orang lebih banyak waktu yang dihabiskan pengguna internet untuk melakukan surfing di internet dari pada waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi.

Maka dari itu penyajian berbasiskan teknologi MULTIMEDIA terus berkembang di kalangan masyarakat. Selain dorongan zaman, teknologi multimedia sudah menjadi gaya hidup masyarakat sekarang. Semua penyampaian informasi terbentuk dalam sebuah implementasi digital.

Kelebihan dari multimedia adalah menarik daya imajinasi dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara gambar, suara dan gerakan. Mudahnya pemahamaan akan hal yang di sampaikan, membuat teknologi merubah cara hidup kita, dari cara konvensional hingga modern.

Nama               :           ANGGA ARI WIJAYA

N.I.M               :           102410101070

Fakultas          :           Sistem Informasi

Mata Kuliah  :           Pengantar Multimedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s