Manusia Manusia Memiliki Moral dan Mulia

Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki jiwa bebas dan mulia dan kekuatan yang luar biasa dalam menganalisa dalam satu peristiwa serta merasa denkat dengan tuhannya dan memiliki idealisme yang tiada henti  atau tidak pernah puas serta satu – satunya makhluk hidup yang memiliki moral maka bisa dikatakan manusia memiliki sifat istimewa / jenius.

–          Makna mulia dengan moral

  1. Manusia sadar bahwa semua tindakannya dia tahu bahwa itu baik dan buruk dan manusia satu – satunya makhluk hidup yang diperintahkan oleh Allah seupaya menyembahNya tanpa menyekutukan dengan orang lain.
  2. Manusia sadar bahwa banyak gagasan yang telah diterima oleh pendapat oleh orang lain atau dia tahu pendapatnya tak pernah diterima oleh orang lain jadi idenya banyak diterima atau tidak oleh orang lain dia akan bekerja secara terus – menerus.

–          Susunan kodrat

  1. Jasmani : dari penglihatan fisik
  2. Rohani : diungkapkan dengan sikap / ucapan

–          Sifat kodrat

  1. Individu :  untuk dperlukan diri sendiri
  2. Sosial : bagi masyarakat

 

Persamaan dan Perbedaan Manusia dengan Makhluk Lain

            Manusia pada hakekatnya sama saja dengan makhluk hidup lainnya, yaitu mempunyai hasrat dan keinginan ia berjuang utnuk meraih tujuannya dengan didukung oleh pengetahuan dan kesadaran. Perbedaan di antara keduanya terletak pada dimensi pengetahuan, kesadaran dan keunggulan yang dimiliki manusia dibandingan dengan makhluk lain.

            Manusia sebagai salah satu makhluk hidup di muka bumi merupakan makhluk yang memiliki karakter paling unik Manusia secara fisik tidak begitu berbeda denagn binatang, sehingga para pemikir menyemakan dengan binatang. Letak perbedaan yang paling utama antara manusia dengan makhluk lainnya adalah dalam kemampuannya melahirkan kebudayaan. Kebudayaan hanya manusia saja yang memilikinya, sedangkan binatang hanya memiliki-memiliki kebiasaan yang bersifat instictif.

 

Manusia Sebagai Makluk Individu

Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotip dan genotip. Faktor genotip adalah faktor yang dibawa individu sejak lahir, ia merupakan faktor keturunan, dibawa individu sejak lahir. Kalau seseorang individu memiliki ciri fisik atau karakter sifat yang dibawa sejak lahir, ia juga memiliki ciri fisik dan karakter atau sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang. Istilah lingkungan merujuk pada lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Ligkungan fisik seperti kondisi alam sekitarnya. Lingkungan sosial, merujuk pada lingkungan di mana eorang individu melakukan interaksi sosial. Kita melakukan interaksi sosial dengan anggota keluarga, dengan teman, dan kelompok sosial yang lebih besar.

 

Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah–tengah manusia.

Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s