Kebudayan dan Peradaban

Kebudayaan -> manusia -> Cipta, rasa, karsa

Menusia menciptakan budaya -> dinamis

  1. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat dalam mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat yang mengandung nilai ,norma dan ilmu pengetahuan serta keseluruhanstruktur – struktur sosial.
  2. Peradaban punya berbagai arti yang berkaitan dengan kehidupan manusia dalam suatu masyarakat. Mengapa dikatakan bahwa peradaban itu memiliki arti yang luas. Peradaban itu membawa kepada manusia kepada pencapaiansesuatu yang tidak berakhir

. Dengan adanya kebudayaan salah satu alat untuk mengetahui keberadaan manusia. Tak ada budaya berkembang tanpa manusia karena yang mencipatakan budaya adalah manusia. Manusia ingin adanya  perubahan secara continue karenanya manusia di sebut “Agent of Change”. Dari sini dapat dikatakan sebagai kebudayaan yang dinamis.

Peradaban bisa dilihat dari tingkah laku sifat dan perilaku. Kebudayaan sangat erat dalam mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu sendiri yang mengandung nilai-nilai norma dan ilmu pengetahuaan serta keseluruhan struktur-struktur sosial.

Peradaban memiliki berbagai arti yang berkaitan dengan kehidupan manusia dalam suatu masyarakat. Mengapa dikatakan peradaban memiliki arti yang luas? Karena peradaban itu membawa manusia kepada pencapaian sesuatu yang tak pernah berakhir.

Manusia dalam Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dibanding makhluk ciptaan Allah yang lain. Definisi Manusia:

  1. Manusia adalah makhluk utama
  2. Manusia adalah kemauan bebas
  3. Manusia adalah makhluk yang sadar
  4. Manusia adalah makhluk yang sadar diri
  5. Manusia adalah makhluk kreatif
  6. Manusia adalah makhluk moral
  7. Manusia adalah makhluk idealis
  8. Manusia adalah makhluk utama dalam dunia alami

Pada hakekatnya manusia adalah makhluk monopluralis yaitu makhluk yang tedapat banyak keragaman dalam dirinya, tetapi keragaman tersebut hanya terdapat pada satu jiwa. Keragaman-keragaman manusia sebagai makhluk monopluralis tersebut diantaranya:

  1. Susunan kodrat
  2. Sifat kodrat
  3. Kedudukan kodrat

Dibanding dengan makhluk lainnya, manusia mempunyai kelebihan-kelebihan itu membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Kelebihan manusia adalah kemampuan untuk bergerak dalam ruang yang bagaimanapun, baik darat, laut, dan udara. Sedangkan binatang hanya mampu bergerak di ruang terbatas. Walaupun ada binatang yang bergerak di darat dan di laut, namun tetap saja mempunyai keterbatasan dan tidak bisa mempunyai manusia.

Hakikat Kebudayaan tedapat dua aliran pemikiran yang berusaha memberikan kerangka bagi pemahaman tentang pengertian kebudayaan ini, yaitu aliran ideasional dan aliran behaviorisme/materialisme.

Manusia sebagai makhluk individu  :   memiliki unsur jasmani dan rohani, fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa.

Manusia sebagai makhluk sosial   :     menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga di berikan akal dan pikiran yang berkemabang serta dapat dikembangkan.

Pengertian Budaya   segala bentuk daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s