Beberapa Langkah Dalam Penetapan Kepribadian (Prof.dr. Saruto Wirawan)

Dalam kehidupan manusia tentunya dia membawa dirinya sendiri dalam lingkungan sekitanya, belajar mengenal dirinya dan menilai orang lain. Tetapi tidak semudah itu untuk mengetahui dan membentuk sebuah kepribadian. Karena banyak orang yang dapat menilai orang lain tetapi dia tidak bisa menilai dirinya sendiri. Melihat hal seperti ini berarti kita kurang peka dan tidak mampu membawa diri kita menjadi diri sendiri atau istilah “be your self” yang mengarah kepada kebaikan. Membentuk karakter yang kuat yang mencerminkan sikap dan hati kita. Beberapa langkah yang harus di pahami dan si implementasikan oleh seseorang dalam hidup dan kehidupannya, yaitu :

  1. 1.      Langkah 1
    1. a.      Berusaha mengenal

Mengenal siapa aku? siapa kita? Setidaknya kita mengenal diri kita melalui nama kita. Nama kita yang biasa panggil orang-orang disekitar kita. Mengetahui dimana kita dan apa yang kita miliki. Membentuk karakter seperti apa yang kita inginkan.

  1. b.      Berusaha memahami

Menggali lebih dalam apa potensi dalam diri kita. Bagaimana kita mengetahui apa yang kita rasakan sendiri. Bagaimana kita membawa diri kita kepada orang lain.

  1. c.       Berusaha menyayangi

Menyayangi tidak hanya ditunjukkan kepada orang lain yang lebih muda atau saudara-saudara kita. Mulailah dari diri sendiri. Kemudian kita bisa menyayangi orang lain seperti kita mengerti orang lain saat kita menganggap diri kita berharga.

  1. d.      Berusaha mencintai

Sebagai makhluk yang memiliki rasa dan perasaan. Membuat kita sensitiv akan hal – hal yang menyentuh hati kita, membawa perasaan untuk saling menjaga, membuat orang lain merasa nyaman di dekat kita. Berusaha saling mencintai kepada diri kita sendiri. Sadar bahwa diri kitalah yang kita bawa untuk hidup dengan raga dan jiwa ini kita lengkap sebagai manusia sempurna.

 

  1. 2.      Langkah 2
    1. a.      Ada kemauaan untuk memiliki

Manusia tentunya mempunyai tujuan untuk hidup, karena dengan tujuan, langkah kedepan akan jelas, mau jadi apa? mau kemana?. Memiliki hasrat untuk memiliki adalah fitrah manusia, usaha untuk mencapai harapan itu menjadikan kita lebih hidup dan membentuk kepribadian yang kuat

  1. b.      Bertanggung jawab

Dalam hidup kita tentunya kita melalui beberapa tahapan dan entah dimana nanti kita berada, dalam lingkungan masyarakat, pekerjaan, kita memiliki beban, beban terhadap diri kita, beban terhadap orang lain. Kita harus mampu mempertanggungjawabkan semua yang kita lakukan menjadikan pribadi yang tegas dan mampu menyelesaikan masalah yang ada di depan.

  1. c.       Disiplin

Untuk meraih sukses kunci utama adalah disiplin, hanya saja disiplin sulit diterapkapkan dalam diri kita, apa yang kita rencanakan dalam kegiatan rutin selalu kacau, selalu menunda apa yang ada. Berusaha untuk tepat waktu dan teratur membiasakan diri untuk disiplin menjadi diri kita mudah untuk mengatur waktu.

  1. d.      Berwawasan ke depan

kita semua memiliki mimpi. Mimpi atau cita – cita merupakan langkah awal untuk kita tetap semangat dan berusaha keras. Tetapi semua itu tidak dapat terwujud dengan mudah. Kita perlu berada dalam proses belajar. Dalam prosesnya kita harus berpikir panjang dan berwawasan ke tujuan utama kita. Tidak hanya berpikir untuk hari ini tetapi berusahalah untuk seterusnya seakan kita hidup selamanya.

Dari semua hal tersebut kita mempunyai konsep masa depan harapan dan tujuan berupa :

–          Jangka pendek

Tujuan yang kita bangun dari setiap sub – sub rencana di lingkungan kita berada atau dalam jangka waktu yang pendek. Misalnya ketika kita lulus SMA kita ingin masuk perguruan tinggi, dapat beasiswa, berprestasi

–          Jangka panjang

Sebuah rencana yang memiliki proses panjang dan biasanya memerlukan usaha yang keras. Misalnya ingin lulus kuliah, nikah, dapat pekerjaan yang sesuai.

 

Identitas bangsa

–          Bendera merah putih

Bendera merupakan lambang dari suatu negara, dengan melihat bendera saja kitabisa mengenal sebuah negara, bendera membawa kepribadian bangsa, mempunyai arti dan bukan sekedar kain. Didalamnya diatur tentang aturan dan hukum yang berhubungan dengan bendera. Merah artinya berani, kita Indonesia berani untuk lebih, putih berati suci, suci dari apa yang membawa bangsa ini  menuju kehancuran

–          Bahasa nasional

Bahasa indonesia sebagai bahasa nasional, walaupun berbagai bahasa digunakan dalam keseharian karena beragamnya suku dan ras, tetapi pmersatu bangsa ni bahasa indonesia.

–          Lagu kebangsaan

Lagu kebangaan kita lagu Indonesia Raya dinyanyikan dari Sabang sampai Merauke. Sebagai doktrin yang merasuki jiwa kita dengan rasa nasionalisme yang tinggi membuat kita memiliki bangsa ini dengan bangga. Dalam lagu Indonesia Raya juga melambangkan dan memuji jiwa bangsa.

Have Fun ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s